Selamat Malam Pembaca Yang Budiman
Pastinya bapak Ibu sudah membaca artikel sebelumnya yaitu Macam-Macam Model Pembelajaran Kooperatif Parts 1, nah pada artikel kali ini admin akan melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang macam-macam model pembelajaran, berikut penjelasannya :
Pastinya bapak Ibu sudah membaca artikel sebelumnya yaitu Macam-Macam Model Pembelajaran Kooperatif Parts 1, nah pada artikel kali ini admin akan melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang macam-macam model pembelajaran, berikut penjelasannya :
- Cooperatif Script
- Guru membagi peserta didik untuk berpasangan
- Guru membagikan wacana/ materi untuk dibaca dan dibuat ringkasannya
- Guru Menetapkan siapa saja yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
- Pembicara membagikan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. peserta didik lain menyimak/ menunjukkan ide-ide pokokyang kurang lengkap, membantu mengingat/ menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau materi lainnya.
- bertuakr peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta laukukan seperti diatas.
- Siswa bersama guru menyusun kesimpulan
- Student Teams Achievement Divisons
- Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen (berdasarkan prestasi, jenis kelamin, suku dll)
- Guru Menyajikan pelajaran
- Guru memberikan tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh angoota-anggota kelompok.
- Guru memberi kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik. pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
- Guru memberikan evaluasi
- Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran
- Artikulasi
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru menyajikan materi
- Untuk mengetahui daya tangkap peserta didik, dibentuklah pasangan dua orang.
- menugaskan salah satu pesera didik untuk menceritakan materi yang baru diterima dari guru, dan yang lain mendengarkan sambilmembuat catatan-catatan kecil kemudian berganti peran, begitu juga klompok yang lainnya.
- Menugaskan peserta didik secara bergiliran untuk menyampaikan penjelasan dari pasangannya. sampai sebagian peserta didik sudah menyampaikan penjelasannya.
- Guru Mnerangkan kembali materi yang belum dipahai peserta didik.
- Siswa diminta menyimpulkan hasil pembelajaran
- Mind Mapping
- Guru Menyampaikan Kompetensi yang ingi dicapai
- Guru mengemukakan kosep atau permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik dan sebaiknya permasalahan yang memiliki alternatif jawaban.
- membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
- tiap kelompok menginventarisasi/ mencatat dan mengurutkan alternatif jawaban hsil diskusi.
- tiap kelompok membacakan hasil diskusinya dan guru mencatat di papan tulis dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
- dari data-data diatas siswa diminta menyusun Kesimpulan Pembelajaran
- Make a Match
- Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi konsep-konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu adalah soal dan kartu yang lain adalah jawaban.
- Setiap peserta didik mendapat satu kartu
- Setiap peserta didik memikirkan jawaban/ soal dari kartu yang dipegang
- Setiap peserta didik mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya
- Setiap peserta didik yang dapat menyelesaikan tantangganya sebelum batas waktu berakhir diberi poin.
- Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar setiap peserta didik mendapatkan kartu yang berbeda dari sebelumnya.
- Demikian seterusnya
- Peserta didik diminta membuat kesimpulan pembelajaran
- Talking Stick
- Guru Menyiapkan Sebuah Tongkat.
- Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari kemudian memberikan kesempatan kepada peseta didik untuk membaca dan mempelajari materi.
- Setelah selesai membaca materi/ buku pelajaran dan mempelajarinya, peserta didik menutup bukunya.
- Guru mengambil tongkat dan memberikannya kepada peserta didik, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan peserta didik yang sedang memegang tongkat harus menjawabnya. demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapatkan pertanyaan
- siswa diminta untuk menyusun kesimpulan pembelajarab.
Demikian pembahasan tentang Macam-Macam Model Pembelajaran Part 2 ini dibahas, semoga ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat.
Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan santun dan tidak membawa kebencian ataupu sesuatu yang bisa menimbulkan permasalahan hukum