Selamat Siang Pembaca yang Budiman
Pada Kesempatan kali ini admin akan membahas tentang model-model pembelajaran. Mungkin sudah banyak artikel yang membahas tentang pembelajaran, namun karena banyak teman yang merequest pada admin untuk mengulas topik tersebut maka admin dengan berat hati mengabulkannya , hehe.
Rasanya tidak perlu bertele-tele lagi, admin akan lagsung bahas saja, berikut ulasannya:
Landasan Hukum, dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 pasal 19 disebutkan " Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenagkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik." Nah dari bunyi pasal tersebut dijelaskan bahwa setiap peoses pembelajaran haruslah diselenggarakan dengan melibatkan siswa secara penuh sebagai subjek belajar bukan sebagai objek pembelajaran. maka dari itu Model pembelajaran haruslah dapat membuat siswa didik menjadi termotivasi untuk aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Setiap Guru harusnya dapat menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi pemblajaran yang meliputi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran secara spesifik karena penguasaan model pembelajaran akan sangat mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.
Selanjutnya apa yang dimaksud dengan model pembelajaran itu? nah sebetulnya banyak sekali definisi tentang model pembelajaran, baik oleh para ahli maupun pakar pendidikan. namun kali ini admin akan memberikan definisi menurut admin, Jadi model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di depan kelas. jadi model pembelajaran itu mirip dengan yang disebut skenario dalam sebuah proses pembuatan film.
Adakah model pembeajaran yang paling efektif untuk semua mata pelajaran?
Tentu tidak ada model pembelajaran yang paling efektif untuk semua mata pelajaran atau semua materi, hal ini dikarenakan ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih model pembelajaran yang efektif, berikut pertimbangannya:
Pada Kesempatan kali ini admin akan membahas tentang model-model pembelajaran. Mungkin sudah banyak artikel yang membahas tentang pembelajaran, namun karena banyak teman yang merequest pada admin untuk mengulas topik tersebut maka admin dengan berat hati mengabulkannya , hehe.
Rasanya tidak perlu bertele-tele lagi, admin akan lagsung bahas saja, berikut ulasannya:
- Landasan Hukum
Landasan Hukum, dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 pasal 19 disebutkan " Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenagkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik." Nah dari bunyi pasal tersebut dijelaskan bahwa setiap peoses pembelajaran haruslah diselenggarakan dengan melibatkan siswa secara penuh sebagai subjek belajar bukan sebagai objek pembelajaran. maka dari itu Model pembelajaran haruslah dapat membuat siswa didik menjadi termotivasi untuk aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Setiap Guru harusnya dapat menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi pemblajaran yang meliputi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran secara spesifik karena penguasaan model pembelajaran akan sangat mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.
- Pengertian
Selanjutnya apa yang dimaksud dengan model pembelajaran itu? nah sebetulnya banyak sekali definisi tentang model pembelajaran, baik oleh para ahli maupun pakar pendidikan. namun kali ini admin akan memberikan definisi menurut admin, Jadi model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di depan kelas. jadi model pembelajaran itu mirip dengan yang disebut skenario dalam sebuah proses pembuatan film.
Adakah model pembeajaran yang paling efektif untuk semua mata pelajaran?
Tentu tidak ada model pembelajaran yang paling efektif untuk semua mata pelajaran atau semua materi, hal ini dikarenakan ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih model pembelajaran yang efektif, berikut pertimbangannya:
- Tujuan pembelajaran
- Sifat materi pembelajaran
- Ketersediaan fasilitas
- Kondisi Peserta didik
- Alokasi waktu yang tersedia
- Ciri-ciri model pebelajaran yang baik
- Adanya keterlibatan secara intelektual-emosional peserta didik melalui kegiatan mengalami, menganalisis, berbuat, dan pembentukan sikap.
- Adanya keikutsertaan peserta didik secara aktif dan kreatif selama pelaksanaan model pembelajaran
- Guru bertindak sebagai fasilitator, koordinator, mediator, dan motivator, kegiatan pembelajaran peserta didik
- penggunaan berbagai metode, alat dan media pembelajaran
berikut adalah macam-macam model pembelajaran yang dianggap efektif dan sering dipakai:
- Example Non Example
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
- Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan dan menganalisis gambar
- Melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada lembar kerja
- Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
- Mulai dari komentar/ Hasil diskusi peserta didik, Guru mulai menjelaskan meteri sesuai tujuan yang ingin dicapai.
- Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran.
- Numbered Heads Together
- Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastika setiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya.
- Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
- Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dst
- Siswa diminta untuk membuat kesimpulan pembelajaran
Demikian artikel tentang Macam- Macam Model Pembelajaran kooperatif Parts 1 ini admin bahas. tapi ini belum selesai dibahas . kelanjutan pembahasannya akan dibahas pada artikel Macam- Macam Model Pembelajaran kooperatif Part 2. Terima kasih
Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan santun dan tidak membawa kebencian ataupu sesuatu yang bisa menimbulkan permasalahan hukum